Home » , » Sikap Pelajar di Era Modern

Sikap Pelajar di Era Modern

”SIKAP PELAJAR ERA MODERN”


Disusun Oleh : Uswatun Nur Juniati, Siti Khumaidah, Sumiatun, Ari Lusiana, M. Taufik

1. Latar Belakang

Dalam menyusun makalah ini kami sengaja menulis mengenai Sikap Pelajar Era Modern“ Dalam hal ini kami ingin melihat seberapa jauh zaman modern ini dapat cara hidup seorang pelajar, karena menurut kami selain membawa dampak positif cara hidup modern juga mempunyai dampak negatif yang justru lebih banyak terlihat dikalangan masyarakat dan meresahkan masyarakat.

Seharusnya kita sebagai pelajar yang mempunyai pegangan hidup yaitu Agama, semestinya kita harus dapat membentengi diri kita agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negatif. Selain itu kami membuat makalah ini untuk memberi sedikit wawasan kepada para pelajar yang merupakan pemuda penerus bangsa Indonesia.


Agar tercapai pemuda yang aktif, kreatif, inovatif dalam hal yang positif, kami sedikit melakukan upaya yaitu membuat makalah ini. Tetapi tanpa kesadaran diri para pemuda / pelajar semua itu tidak akan terwujud.


2. Ruang Lingkup Masalah


Adapun ruang lingkup masalah yang kami tulis menceritakan tentang “Sikap Pelajar Era Modern“ yang mana semain maju teknologi dan pengetahuan dapat merubah cara hidup ataupun gaya hidup seorang pelajar.


Kami mencoba melakukan pengamatan di sekolah dan mensurvei beberapa pelajar untuk mengetahui sejauh mana pelajar sekarang mengenai dunia luar. Dengan pemgamatan dan survei kami ingin membuat suatu makalah yang mana didalamnya membahas tentang “Sikap Pelajar Era Modern“.


Kami mensurvei dari 100 siswa yang ada di sekolah SMAI Wasilatul Huda.


3. Rumusan Masalah

a. Apakah yang dilakukan siswa di Era Modern ?
b. Mengapa siswa melakukan itu ?
c. Bagaimana siswa terbebas untuk melakukan itu ?

4. Tujuan

a. Agar pembaca lebih tahu sejauh mana perlambangan zaman saat ini yang dapat dengan mudah merubah cara hidup seseorang
b. Untuk menarik peminat pembaca yang mungkin merasa jenuh dengan judul-judul yang sudah sering kali ditulis dalam bentuk makalah pada umumnya
c. Supanya siswa tahu sejauh mana perubahan yang ada dalam diri mereka dengan keadaan seperti saat ini.
d. Agar mereka tahu dampak negatif ataupun positif yang sudah mereka kerjakan atau baru mereka pelajari saat ini tentang hidup dengan cara moderen.

5. Metode penelitian


Didalam menulis makalah ini kami memakai metode dengan menggunakan angket dan sedikit wawancara. Kami menggunakan angket karena cara itu lebih mudah dan lebih simpel. Dengan cara itu kita juga bisa mendapatkan jawaban yang sama dengan jelas dan dapat menguraikan jawaban, Jawaban itu juga jauh lebih mudah.


Selain itu kita juga memakai sedikit wawancara untuk menambah kejelasan dari angket tersebut. Dengan metode-metode diatas kami semua dapat mudah dalam pembuatan makalah. Kami berupaya untuk menyempurnakan makalh yang kami buat sedemikian rupa makalah-makalah pada umumnya.


Diera moderen ini, kita dapat melihat berbagai macam teknologi yang semakin lama semakin canggih. Banyak sekali pelajar maupun orang biasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hampir % pelajar saat ini memilih merubah cara belajar mereka menggunakan teknologi yang lebih canggih untuk belajar, karena dengan menggunakan teknologi tersebut mereka dapat mendapatkan informasi yang jauh lebih lengkap dan mudah dari pada mereka harus belajar dengan menggunakan cara lama yang lebih ribet, tapi tak jarang dari mereka juga menggunakan cara lama serta menggunakan cara yang moderen, mereka menggabungkan dua cara tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mereka dapat memperoleh perbandingan dan informasi yang telah didapatnya.


Untuk memperoleh informasi, pengetahuan dan pengalaman lebih banyak para pelajar dizaman globalisasi ini menggunakan teknologi canggih seperti komputer. Kebanyakan pelajaran dizaman sekarang ini banyak menggunakan komputer untuk masuk dalam fasilitas internet. Dalam internet itulah itulah para pelajar bisa menggali banyak pengetahuan. Disamping para pelajar, Orang biasapun menggunakan internet sebagai ajang hiburan.


Mungkin untuk dijaman dulu belum ada fasilitas-fasilitas semacam itu, yang ada hanyalah satu yaitu BUKU. Buku itulah yang digunakan para pelajar jaman dahulu untuk menambah pengetahuannya. Selain buku mereka juga memakai hasil penelitian secara langsung.


Di era modern seperti ini para pelajar dengan leluasa melakukan apa yang mereka inginkan. Dari segi pergaulan misalnya, seorang siswa kerap melakukan hal-hal yang kurang baik karena untuk mengikuti perkembangan zaman. Di saat-saat seperti para pelajar biasanya gaul baik dari segi penampilan maupun tingkah laku. Gaul sih boleh-boleh saja yang penting jangan sampai kelewat batas. Dalam keadaan seperti ini orang tua harus ikut berperan dalam membimbing dan mengawasi putra-putrinya agar tidak terjerumus dalam dunia yang gelap. Tetapi untuk pelajar sendiri dalam kehidupan Era modern seperti ini mereka harus memiliki bekal yang banyak terutama iman dan taqwanya kepada Allah.


Dalam proses belajar mereka para pelajar harus bisa menyaring mana hal yang positif dan mana yang negatif baik dari segi ilmu pengetahuan maupun tingkah laku. Tetapi para pelajar zaman sekarang sebagian besar mereka tidak sanggup menghadapi kehidupan maya yang ada selama ini.


Penutup


Kami membuat makalah ini karena kami bermaksud agar pelajar saat ini lebih berhati-hati. Karena di Era yang modern ini banyak sekali pengaruh-pengaruh yang negatif yang ada disekeliling kita. Dan banyak sekali pelajar tidak dapat menghindari pengaruh tersebut dan mereka terbawa untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak senonoh (negatif), oleh karena itu dibutuhkan sekali pengawasan dari orang tua atau guru, ataupun pengarahan dari mereka agar mereka dapat belajar dengan benar dan tetap menjadi diri mereka sendiri.


Saran


Agar kita tidak terjerumus kedalam perbuatan yang negatif bekalilah diri kalian dengan pengetahuan agama, paling tidak kalian tau mana yang baik buat kalian. Dan jangan sekali-kali meniru perilaku – perilaku yang menyimpang dari agama, jadilah diri kalian sendiri dan dengan kelebihan maupun kekurangan kalian, karena kita tau di dunia ini tidak ada yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah semata.


Hasil Angket :

1. Apakah yang dilakukan siswa di era moderen ?
a. Merubah cara belajar dengan media yang lebih canggih saja : 15%
b. Tetap memakai cara lama dengan membaca buku saja : 11 %
c. Memanfaatkan media & buku sebagai alat untuk belajar : 59 %
d. Bermain hp, mereka menganggap teknologi lebih penting dari pada pelajaran : 3%
2. Mengapa siswa melakukan itu ?
a. Karena ingin tahu dunia luar : 8%
b. Karena gengsi : 8%
c. Karena ingin mendapatkan pengetahuan dan pengalaman : 74%
d. Karena sudah zaman : 3% , karena keinginan : 5%
3. Mengapa, siswa terbebas melakukan itu ?
a. Karena memang tidak ada batasan bagi mereka : 23%
b. Karena tidak adanya pengarahan khusus bagi mereka : 26%
c. Kurangnya pengetahuan dari sekolah : 40%
d. Karena dilarang 1, kurangnya pengawasan dari orangtua : 5%
4. Kapan mereka melakukan itu ?
a. Saat di sekolah : 19%
b. Saat dirumah : 8%
c. Dirumah dan di sekolah : 54%
d. Diluar rumah dan di sekolah : 7%, sesukanya : 8%
5. Siapa pengarah siswa untuk melakukan itu ?
a. Orang tua : 4%
b. Guru : 36%
c. Teman : 24%
d. Pacar : 2%, Semua pihak : 4%, pengaruh pergaulan : 1%, diri sendiri : 1%

0 komentar:

Post a Comment