Home » , » Training On Lesson Study

Training On Lesson Study

Doc. Panitia TOLS
Sebagai kelanjutan dari program MEDP (Madrasah Educations Develepment Project), MTs. Wasilatul Huda Dukohkidul Kecamatan Ngasem mengadakan Training On Lesson Study (20-21/1/2012). Kegiatan yang di nara sumber i oleh Widya Iswara Surabaya tersebut diikuti oleh seluruh jajaran guru yang ada dalam lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Wasilatul Huda Dukohkidul.

Khairul Anam, S.Ag., sebagai ketua panitianya mengatakan "Bahwa Training On Lesson Study ini penting untuk dilakukan pada tiap unit pendidikan yang ada di YPPWH, guna untuk meningkatkan keberhasilan kegiatan belajar mengajar."
Azon Profit Master
Sebagai pelatih pada kegiatan tersebut adalah Drs. H. Darmani, MA. dan Drs. H. Syafrudin, MA. yang merupakan pelatih yang berasal dari Widya Iswara Surabaya.

Lesson Study itu sendiri merupakan kegiatan yang diadopsi dari Jepang. Lesson Study yang dalam bahasa Jepang disebut Jugyokenkyu adalah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru/ sekelompok guru yang bekerja sama dengan orang lain (dosen, guru mata pelajaran yang sama/ guru satu tingkat kelas yang sama, atau guru lainya), merancang kegiatan untuk meningkatkan mutu belajar siswa dari pembelajaran yang dilakukan oleh salah seorang guru dari perencanaan pembelajaran yang dirancang bersama/sendiri, kemudian di observasi oleh teman guru yang lain dan setelah itu mereka melakukan refleksi bersama atas hasil pengamatan yang baru saja dilakukan.
Refleksi bersama merupakan diskusi oleh para pengamat dan guru pengajar untuk menyempurnakan proses pembelajaran dimana titik berat pembahasan pada bagaimana siswa belajar, kapan siswa belajar, kapan siswa mulai bosan mendapatkan pengetahuan dan kapan siswa mampu menjelaskan kepada temannya dan kapan siswa mampu mengajarkan kepada seluruh kelas.


1 komentar:

Post a Comment