Home » » Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV Terbaik





Dahsyatnya VNT pada Fortuner Diesel

Variable Nozzle Turbo yang dipakai Toyota Fortuner Diesel memang luarbiasa. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.
Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi 144ps/3400rpm. Semntara torsi yang 26.5kgm/1600 - 2400 rpm  menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan signifikan itu semata-mata karena VNT karena mesin yang dipakai sama persis, yaitu empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter.
Untuk mengetahui aksi VNT mendorong mesin lebih produktif, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang kerja turbocharger. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk rang bakar agar pembakaran sempurna. Tambahan oksigen ini disedot dari luar. Turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.
Pada Turbo biasa, agar kompressor bisa efektif, dibutuhkan putaranturbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Atau dengan kata lain Turbo baru efektif pada putaran mesin tinggi.
Bagaimana mendapatkan tekanan yang cukup pada putaran mesin rendah? Disinilah inovasi VNT.  Berneda dengan perangkat Turbo biasa, rumah turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm, dan banyak variable lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik.
Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah.
Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu makin besar untuk menghindari tekanana berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo.
Karena turbo berhubungan dengan aliran  gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat. 
Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.

23 July 2012 

Fastron euroasia I 

Fortuner Standard Pabrik
Toyota Fortuner menjadi faktor penting dibalik suksesnya Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu. Ekspedisi melintasi puluhan negara dengan jarak puluhan ribu km dari Jakarta menuju Italia itu menjadi etalase keunggulan produk dalam negeri.
Toyota-Astra Motor berpartisipasi dengan menyediakan empat unit Toyota Fortuner 2.7 liter bensin dengan sistem penggerak 4x4. Ternyata tidak banyak ubahan yang dilakukan untuk melakukan perjalanan panjang itu.
Bengkel Yanatta Auto Works di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dipercaya mempersiapkan SUV itu. Kepada situs SL.com, Nurdianto kepala bengkel Yanatta Auto Works menjelaskan, “Ubahan yang kami lakukan sebenarnya tidak banyak, mas. Kami hanya diminta untuk membuat roof rack, Winch (katrol derek), side guard untuk bracket High Lift Jack (dongkrak untuk mengangkat mobil hingga 1 meter), dan terakhir rak besi di bagian bagasi,” jelas Nurdianto kepala bengkel Yanatta Auto Works.
“Tadinya sempat mau di pasang bull bar, tapi kita lepas lagi karena adanya larangan menggunakan bull bar di negara tertentu di Eropa. Sedangkan untuk sektor mesin dan lainnya dibiarkan tetap standar pabrik,” tambah Nurdianto sambil tersenyum ramah.
Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc. Mobil ini mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i yang tangguh dan dapat digunakan di segala medan, serta mendapat sertifikasi kelayakan uji emisi Euro-2. Pada ekspedisi ini, seluruh pelumas sistem mekanis menggunakan produk Pertamina. Termasuk pula minyak rem dan radiator coolant.
SUV ini dilengkapi power seat adjuster pada kursi pengemudi, corner and parking sensor, touch screen audio video system with Toyota navigation, serta parking camera.
“Kami bangga Toyota Grand New Fortuner dapat mengiringi perjalanan anak bangsa menapaktilas perjalanan Marcopolo. Kami berharap ekspedisi Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 ini dapat menanamkan rasa nasionalisme dan menginspirasi seluruh elemen bangsa untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa dan negara ini,” kata Presdiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan saat melepas ekspedisi ini yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2011.
Perjalanan ini merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim akan melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta (diolah dari berbagai sumber)


5 komentar:

Post a Comment