Monday, June 3, 2013

Kumpulan Puisi Anak MI Wasilatul Huda

menjadi idola bagi anak-anak. Terbukti ketika kelas IV diberi kesempatan untuk menulis puisi dengan thema bebas, kebanyakan dari mereka memilih thema ibu, tapi ada juga yang memilih thema lain, seperti ayah, buku, sekolah dan lain sebagainya. Ingin tau bagaimana anak mendeskripsikan perasaannya kepada ibu yang lainnya dalam bentuk puisi, silakan baca posting ini selengkapnya.

Bukuku
Karya : Rere Varia

Oh, bukuku
Kau telah menemaniku setiap sekolah
Karena itu aku suka buku
Dia yang memberi ilmu kepadaku
Karena itu aku suka buku
Dia telah menemaniku sepanjang hari
Oh, bukuku
Aku suka kepadamu
Karena kau telah memberiku ilmu
Yang sangat berguna untukku
Dia temanku selamanya
Aku suka kamu
Buku bagiku adalah sahabatku
Aku menyimpanmu setiap hari
Karena kamu adalah sahabatku

Ibuku
Karya : Ayu Dwi Anisa

Oh.. ibuku
Kau telah melahirkanku
Dan kau telah membimbingku hingga aku seperti ini
Aku akan selalu membantumu
Karena aku sangat sayang kepadamu
Dan aku tidak akan melupakanmu
Dan aku akan selalu bersamamu
Dan aku tidak bisa hidup tanpamu
Kaulah yang memberiku makan dan minum
Aku tidak akan pernah mengecewakanmu
Aku berjanji aku tidak akan membohongimu
Dan aku akan menuruti semuai kemauanmu

Ibu
Karya : Nur fatikhatul K
Oh… ibuku
Engkau telah melahirkanku
Dan kau merawatku dari kecil hingga besar
Betapa ku menyayangimu
Dan hutangku padamu begitu banyak
Yang engkau korbankan untukku
Oh… ibuku
Engkau begitu menyayangiku hingga sekarang dan aku ingin membahagiakanmu
Aku ingin membahagiakanmu
Juga keluarga kita
Aku sungguh menyayangimu sepenuh hatiku
Sampai matipun aku mnyayangimu selamanya

Ibuku
Karya : Roi Nazwan
Ibuku
Kau yang telah melahirkanku
Merawatku dari kecil hingga besar
Mengandungku selama sembilan bulan
Merawatku sepanjang masa
Oh… ibuku
Kau memberiku makan dari kecil hingga besar
Kau yang menyayangiku sepanjang masa
Semoga Allah memberikan berkah kepada ibuku
Ibuku yang membesarkanku
Semoga Allah meridhoi ibuku


Ayah
Karya : Sihabuddin
Egkau adalah yang mencari nafkah
Sepanjang masa
Sepanjang hari
Engkau tak pernah lelah untuk mewujudkan keluarga menjadi bahagia
Dan senang bergembira
Mengatur semua keadaan dan kebahagiaan
Oh.. ayahku
Kau yang bekerja tak pernah lelah
Yang menyayagi aku dan semua keluarga
Berbulan-bulan yang mencari uang
Untuk belanja ibu
Untuk kebutuhan keluarga sampai tua
Engkau yang nerindui
Dan kasih sayang sepanjang masa
Tak pernah lupa sama keluarga
Kasih sayangmu tak pernah putus
Sepanjang hari dan sepanjang masa

Ibuku
Karya : Teguh cahyono
Oh… ibuku
Kau telah mengandungku selama sembilan bulan
Kau yang membimbingku sampai besar
Oh.. ibuku
Jasamu luar biasa padaku
Walaupun hujan kau tetap menjagaku
Apa yang ku beri pada jasamu ini
Oh ibuku sayang
Walau aku sedih, engkau tetap sabar
Walau aku menangis kau tetap sabar
Tidaklah kau bersedih merawatku
Sampai besar
Kau yang telah melahirkanku di dunia ini
Oh ibuku tersayang

Ibu dan Ayah
Karya : Diyah Ayu Kartika Ningsih
Oh.. ibuku
Engkau talah mengadung selama sembilan bulan
Tiada merasa lelah dan letih
Kasih sayangmu untukku telah banyak
Bagaimana aku membalasnya
Oh.. ayahku
Engkau telah bekerja keras untukku dan ibu
Sedangkan aku telah banyak berhutang budi pada kalian
Oh.. ibu dan ayah
Aku sangat bangga sekali pada kalian
Maafkanlah dosa-dosa yang telah aku perbuat pada kalian
Sekaranglah waktunya aku membalas kebaikan kalian
Dan sekarang aku sudah mempunyai cita-cita
Semoga dengan restu kalian
Semoga aku bisa mewujudkan cita-citaku
Membahagiakan kalian

Kasih sayang Ibuku
Karya : Icha Arzhika
Oh, ibu
Sembilan bulan engkau mengandungku
Siang dan malam engkau mengasuhku
Engkau tiada letihnya merawatku
Dari kecil hingga dewasa
 Kasih sayangmu dan cinta kasihmu
Tak terbalas dengan apapun
Kecuali aku berbhakti kepadamu

Oh, Ibu
Aku tidak bisa mengasih apapun
Aku akan memberimu sebuah lagu yang berjudul Kasih Ibu
Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia


SAHABATKU -MIWH-

Sahabatku
Karya : Kholiful Syahrul Anam
Oh Sahabatku sudah menerangi jiwaku
Kamu sudah membuatku senang
Oh… sahabat
Kamu sudah berteman dengan ku
Membuatku berbahagia denganku
Bersenang-senang denganmu sahabtku
Siang, sore, malam akan memngingatmu sepanjang hidupku
Aku tak akan melupakanmu sahabatku
Oh.. sahabatku yang ku temani sepanjang hidupku
Kamu sudah berteman dengan ku
Sepanjang masa hidupku sahabtku




Amal Cahaya Surga
Karya : Bilal Nur mukhlis
Oh, Tuhan Engkaulah yang memberi jalan petunjuk untukku
Dan ilmu cahaya untukku
Dan rezeki untukku
Betapa sulitnya aku mengikuti jalan-jalan yang baik
Seperti Nabi Muhammad SAW
Memperluaskan agama Islam
Dan memperjuangkan ajaran-ajaran Allah
Tetapi aku selalu berdoa dan berjuang untuk masuk surga
Ilmu dan amalkulah yang akan menuntunku ke jalan surga

IBUKU
Oh.. Ibuku
Engkau sangat cantik bagiku
dan kau sudah mengandungku 9 bulan
kau membesarkanku
Aku sayang sekali padamu
Setiap hari kau mengantarku sekolah
dan kau sayang sekali padaku
Kau mengantarku tidur malamku
Sambil menceritakan sebuah cerita
Yang berjudul si Kelinci dan kerbau
Aku suka sekali

RIBUAN IKAN
Minggu sore yang indah
Air tenang ikan berlari
dengan tenang
Ribuan ikan hanyalah makanan bagi ikan-ikan
Bisakah aku mempunyai ekor sepertimu
Kaya putra duyung seperti kamu
Punyakah aku punya
Mahkota yang indah

Karya :
Moh. Ainus Syifa’ (Kelas III)
IBUKU
Oh.. Ibuku
Engkau sangat cantik bagiku
dan kau sudah mengandungku 9 bulan
kau membesarkanku
Aku sayang sekali padamu
Setiap hari kau mengantarku sekolah
dan kau sayang sekali padaku
Kau mengantarku tidur malamku
Sambil menceritakan sebuah cerita
Yang berjudul si Kelinci dan kerbau
Aku suka sekali

ALAM YANG INDAH
Oh.. alam
Engkaulah tempatku hidup
Ada gunung yang indah
Ada perumahan yang banyak
Aku kagum melihatmu
Engkau sangat besar
Dan engkau juga ada tanah, awan dan langit
Kalau hari sudah malam
ada ribuan bintang yang sangat kecil dan indah
Kalau tidak ada kau semua
Orang akan mati

Karya :
Moh. Nuril Hukama’ (Kelas III)
About these ads

PUISI TENTANG SEMUT
Oh… semut
Kau begitu kecil
Aku bisa melihatmu setiap hari
Lubangmu begitu kecil
Untuk tempat tinggalmu dan teman-temanmu
Warnamu hitam sekali, seperti tanah liat
Kamu senang bekerja sama dengan temanmu
Untuk mencari makan
dan untuk makan malam
Dan kamu bisa membawa telurmu yang sangat kecil dan putih
dengan temanmu
Karya :
Rendika Rohali (Kelas III)

KEKAYAAN INDONESIA
Indonesia sangat kaya
Betapa bangganya menjadi anak Indonesia
Malaysia sampai iri
Ada tiga pulau yang indah di Indonesia
Pulau seribu, Pulau Dewata dan pulau Jawa
Keindahan Jawa Timur sampai Jawa Barat
Ibu kotanya Jakarta
Dihiasi monas yang tinggi
Borobudur ada di Yogyakarta
Inilah alam dan kota Indonesia
Karya :
Yuan Nur Romansyah (Kelas III)

Oh … ibuku
Kau yang mengandungku sembilan bulan lamanya
Ibuku…
Kau sayang dan cinta kepadaku
Seperti matahari menyinari bumi
Ibu merawatku dari kecil sampai besar
Siang dan malam ibu menyusui
Tiada lelah dan letih
Cinta kasihnya tak terbalas emas permata
Karya:
Ayu Indah Prastika (Kelas III)

BURUNG-BURUNG YANG BERKICAU
Burung-burung yang indah
Burung-burung yang berkicau di desa-desa
Burung-burung yang punah diambil orang-orang itu
dan dijual ke pasar, ada juga yang dijual ke luar negeri
Ada yang lepas dari sarang
Karya:
Joko (Kelas III)


EmoticonEmoticon