Home » » Konten Lokal yang Dibutuhkan oleh Indonesia

Konten Lokal yang Dibutuhkan oleh Indonesia

YPPWH; Bukan sekedar ke-latah-an semata, ataupun ikutan kontes SEO, namun wacana tentang konten lokal sebenarnya juga pernah terlintas dalam hati. Setelah XL Axiata (XL Konten Seru) memberikan perhatian terhadap konten lokal yang dibutuhkan oleh indonesia , maka ini mengusik ulang pikiran yang dulu sempat terlintas.

Sebelum kita lebih lanjut membahas masalah konten lokal yang dibutuhkan oleh indonesia, sejenak kita samakan persepsi tentang pengertian konten lokal Indonesia.

konten lokal
Pengertian
Konten lokal Indonesia adalah segala sesuatu yang berada di Internet, baik berupa tulisan, audio, video, aplikasi, software, yang sesuai dengan khazanah kebudayaan Indonesia. Penting untuk digarisbawahi, adalah konten yang sesuai dengan khazanah kebudayaan Indonesia. Karena, ketika kita membahas masalah konten lokal, bukan berarti pada saat ini, belum ada konten lokalyang ada di Indonesia, banyak. Baik yang positif maupun yang negatif. Contoh untuk konten lokal yang positif (yang sesuai dengan khazanah kebudayaan Indonesia) adalah tulisan yang membahas tentang produksi khas suatu daerah. Misalnya dibojonegoro tentang ledre, meubel, kripik girut dan lain sebagainya. Contoh untuk konten lokal yang negatif (tidak sesuai dengan khazanah kebudayaan Indonesia) adalah penguploadan video-video p**rno yang dalam kurung na'udzubillah min dzalik.

Kenapa harus mendukung konten konten lokal? Bahwa keanekaragaman konten lokal ini, telah dan akan terus menjadi kekayaan Indonesia. Sehingga Indonesia tetap menjaga dan menjadi jati dirinya, meskipun arus globalisasi sudah menggelinding dengan begitu kuatnya.  Karena kita adalah Indonesia, bukan Amerika, bukan belanda, bukan jepang atau juga bukan negara-negara lain. Kita mempunyai jati diri yang yang harus selalu kita jaga, lestarikan dan kita banggakan, dengan terus mendukung bergulirnya konten-konten lokal yang memang ada dan dibutuhkan oleh Indonesia.
Sebagai contoh adalah publikasi ulasan tentang kripik girut / garut. Ketika kemudian banyak orang yang mengenal kripik girut, maka peluang bisnis akan menjadi terbuka. Dengan saling bekerja sama atau pun tidak. Atau juga ulasan tentang meubel di Bojonegoro yang menghasilkan karya-karya seni rupa terapan, yang kemudian ketika banyak orang yang tahu, akan bisa merangsang orang untuk datang ke Bojonegoro, yang tentunya akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi, baik secara langsung, maupun tidak.

Salah satu konten lokal yang saat ini dibutuhkan di Indonesia
Karena saya hidup di jawa  (yang tentunya adalah bagian dari Indonesia), yang seperti kita tahu, bahwa kita memiliki kebudayaan luar biasa yang berupa aksara jawa. Namun sayangnya, aksara jawa telah menjadi sesuatu yang asing, meskipun sudah ada materi aksara jawa pada sekolah-sekolah. Sebenarnya tidak hanya aksaranya saja yang kian asing, bahkan bahasa jawa pun sudah mulai mengalami pengasingan. Banyak orang tua yang lebih senang mengajari anak mereka berbahasa Indonesia ketimbang bahasa jawa, terutama krama atau pun krama inggil. Tetapi pada pembahasan kali ini, kita akan spesifikkan pada aksara jawa.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melestarikan budaya bangsa. Dan konten lokal yang dibutuhkan oleh indonesia menurut saya adalah software atau aplikasi yang berkaitan dengan aksara jawa. Misalnya aplikasi yang bisa mengkonversi tulisan dengan huruf latin menjadi tulisan dengan aksara jawa. Seperti Carakan yang bisa Anda unduh di http://rapidshare.com/files/113593276/Carakan_SETUP.exe.

Mengapa memilih Carakan menjadi konten lokal tersebut?
Karena Aplikasi ini adalah hal luar biasa, dan lahir dari seseorang yang luar biasa juga, karena dia mempunyai kepedulian besar terhadap konten lokal yang sebenarnya pada saat ini memang menjadi kebutuhan Indonesia. Aplikasi ini dilisensikan gratis untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Implementasi konten lokal tersebut pada aplikasi sehari-hari
Dengan konten tersebut di atas, kita bisa memanfaatkannya untuk mempelajari aksara jawa, bisa mengajarkan anak cucu kita tentang aksara jawa dengan lebih efektif, membuat ukiran hiasan aksara jawa dan lain sebagainya, sehingga nantinya akan lahir konten-konten lokal yang saling mendukung.

Betapa indahnya ketika nantinya, kita melihat baliho, poster, nama toko, atau apapun tertulis dengan aksara jawa. Dan dengan bangga kita bisa menunjukkan kepada dunia, inilah Indonesia. Kita bisa belajar dari jepang, cina, india dan lainnya yang sampai saat ini masih menggunakan huruf lokalnya. Yang justeru itu menjadi nilai tersendiri bagi negara-negara tersebut. Dan apalagi ketika Hand Phone, atau gadget lainnya juga menyediakan fitur untuk aksara jawa. Pasti keren.

Lalu ada yang bertanya, kalau Hand Phone menggunakan aksara jawa, mana bisa kita menggunakan? hehehe, pertanyaan yang sebenarnya aneh tapi riil. Oleh karena itu, butuh saling dukung mendukung antara satu konten dengan konten lainnya. Sudah ada tadi Carakan yang bisa kita gunakan untuk mempelajari aksara jawa, lalu kemudian itu bisa dikembangkan menjadi font yang bisa dimasukkan ke dalam gadget lainnya.
Betapa dahsyatnya, jika banyak konten lokal yang bermunculan, dimana kita saling sharing tentang konten lokal masing, insya Allah akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa pula. Sehingga ini bisa merangsang tumbuh dan berkembangnya konten lokal yang dibutuhkan oleh Indonesia.

So, mulai detik ini, mari kita blogging dengan dasar mencintai konten lokal, jangan ragu jangan malu. Karena kita diciptakan selain punya kekurangan juga punya kelebihan, yang perlu kita eksplorasi lebih dalam lagi. Sebagaimana motto BloggerBojonegoro "Dari Bojonegoro untuk Indonesia".

Dan pada akhirnya, semoga konten-konten lokal yang telah dan akan tumbuh nantinya, tidak menjadikan kita terlalu membangga-banggakan kedaerahan kita, tetapi yang kita harapkan adalah rasa nasionalisme, kecintaan terhadap negara, nusa dan bangsa ini makin meningkat di hati para generasi bangsa, sekarang dan selamanya.

Dua jempol kami acungkan sebagai manivestasi apresiasi dan dukungan kepada XL Axiata (XL Konten Seru) yang telah mendukung tumbuh kembangnya konten-konten lokal yang masih banyak terpendam di bumi nusantara ini. Selain itu juga karena  menyajikan banyak keseruan bagi para pelanggannya. Diantaranya adalah:

1.
Nongkrong seru
1. Facebook 123
2. Facebook Aplikasi
3. Twitter SMS
2.
RBT n Music
1. RBT
2. RBT Plus
3. XL Live Music
3.
Konten Seru
1. XL Game
2. Murah
3. Mudah
4. Bonus
4.
Layanan Seru
1. XL Blast
2. LBS
3. VU Clip
4. XL Baca

So, mari seru-seruan bersama XL Axiata (XL Konten Seru).

1 komentar:

Post a Comment