Home » » Kewajiban Anak terhadap Tuhannya

Kewajiban Anak terhadap Tuhannya

Kewajiban Anak terhadap Tuhannya

Akhlaq untuk Anak
Wahai anak-anak yang bertatakrama, Allah SWT sudah memberikan kita kenikmatan yang sangat banyak sekali. Allah juga telah menciptakanmu, setelah sebelumnya kita tiada, dan Allah juga memberikan kita Akal yang sangat cerdas sekali. Allah sudah menunjukkan kita jalan yang benar, yaitu Agama Islam, yang itu merupakan nikmat yang paling besar yang diberikan oleh Allah kepada kita.
Allah sudah memberikanmu kenikmatan berupa telinga, mata, mulut, dua tangan dan dua kaki. Allah telah menciptakanmu menjadi manusia yang sempurna. Allah memberikanmu kesehatan lahir dan batin, dan menanamkan rasa kasing sayang di hati kedua orang tuamu, sehingga mereka merawatmu dengan pendidikan yang sempurna. Mereka telah mengajarkanmu untuk mencintai guru-gurumu, sehingga guru-gurumu mengajarimu ilmu yang bermanfaat untuk agama dan duniamu. Kesemuanya itu adalah sebagian dari nikmat-nikmat Allah yang takkan bisa terhitung.
Maka kamu memiliki kewajiban untuk :
  • Mensyukuri Nikmat-nikmat Allah

Mensyukuri nikmat Allah dengan cara mentaati semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
Jika kamu mau bersyukur atas nikmat-nikmat Allah, maka Allah akan menambah nikmatnya kepada kamu, menjagamu dari musibah, dan memberikan semua yang kau inginkan, kamu akan dicintai Allah, dan akan membuat semua orang mencintaimu. 
  • Mengagungkan Allah dalam hatimu

Maka janganlah engkau melakukan sesuatu yang jelek (maksiat) walaupun ketika kamu sedang sendirian.
  • Mencintai Allah lebih besar dari apapun

Mencintai Allah dengan lebih besar daripada cinta kita kepada kedua orang tua kita, dan diri kita sendiri. Dan cintailah juga para malaikatnya, para rasul-Nya, para nabi-Nya, dan semua orang-orang soleh dari hamba-hamba-Nya. Karena Allah SWT. juga mencintai mereka.
  • Berdoa kepada Allah

Kami juga berkewajiban untuk meminta pertolongan hanya kepada Allah, dan bertawakkal atas segala urusan kita.



0 komentar:

Post a Comment